SYEIFIRA RIZKY KOMALADEWI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM INTERNALISASI BUDAYA ORGANISASI (STUDI KASUS NILAI BUDAYA AKHLAK PT. TELKOM YOGYAKARTA 2021 - 2022). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (391kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (984kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Bab I.pdf
Download (4MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (21MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (894kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (811kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (31MB)
Abstract
Budaya organisasi adalah seperangkat nilai atau norma yang telah ada sejak lama, yang diambil oleh anggota organisasi (karyawan) sebagai standar perilaku untuk memecahkan masalah organisasi (dari perusahaan). Dalam budaya organisasi sendiri Telkom mengarah kepada Nilai - Nilai AKHLAK. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui budaya organisasi Core Value AKHLAK yang sudah diterapkan di Telkom Yogyakarta. Kemudian mengkaji bagaimana internalisasi budaya organisasi di Telkom Yogyakarta melalui nilai - nilai AKHLAK budaya organisasi serta penerapan kegiatan nya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan Purpose Sampling. Penelitian ini berlokasi di Telkom Yogyakarta. Sumber data penelitian berasal dari hasil wawancara dengan informan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai - nilai inti budaya organisasi Telkom yang terdiri dari enam nilai yaitu amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif telah diterapkan. Dengan kegiatan Culture Activation seperti Great Spirit, Digital Training, CSR Gathering, Binroh, kegiatan Senam Sehat, dan Pembuatan Konten Podcast, Tiktok, Instagram. Kemudian sarana komunikasi dalam sosialisasi budaya organisasi AKHLAK seperti media saluran komunikasi melalui nota dinas, grup di media sosial, dan rapat kerja yang rutin. Strategi internalisasi karakter Amanah melalui Tanggung Jawab dan Berkomitmen, karakter Kompeten dengan meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, Karakter Harmonis saling menghargai dan peduli, karakter Loyal berdedikasi dengan menjaga nama baik, Karakter Adaptif berinovasi dan Kolaboratif dengan cara bekerja sama. Kendala internalisasi Karakter Adaptif yakni kurangnya inovasi konten dengan berbagai platform di media sosial. Solusi untuk mengatasi internalisasi karakter Adaptif dengan mengembangkan ide-ide kreatifitas dan proaktif dalam mengikuti perkembangan teknologi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Communication Strategy, Organizational Culture, Internalization, AKHLAK, Telkom. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 02:23 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 02:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37237 |