WIDODO WINARSO (2023) DAMPAK PSIKOEDUKASI BERMUATAN NILAI-NILAI QURANIC TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA SISWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (676kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (138kB)
Bab I.pdf
Download (179kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (807kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (439kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Dampak Psikoedukasi Bermuatan Nilai-Nilai Quranic terhadap Kecemasan Matematika Siswa Kecemasan matematika banyak terjadi di kalangan siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan inovatif terkait edukasi yang dapat diberikan pada siswa dalam kegiatan pembelajaran Matematika. Studi terkait penanganan permasalahan kecemasan matematika melalui program psikoedukasi kurang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan program psikoedukasi bermuatan nilai Qur�ani terhadap kecemasan matematika siswa. Penelitian quasi experimental diterapkan pada Sekolah Menengah Pertama di kabupaten Cirebon yang terdiri atas kelompok eksperimen dan kontrol. Skala kecemasan matematika digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Sementara itu, analisis anova dua jalur (two way anova) digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan program psikoedukasi bermanfaat dalam menurunkan tingkat kecemasan matematika siswa. Program psikoedukasi yang bermuatan nilai-nilai Qur�ani direkomedasikan untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran matematika sekolah. Penerapan program tersebut cocok untuk berbagai kalangan baik siswa laki-laki maupun perempuan. Namun perlu pelatihan awal bagi guru Matematika agar memiliki tingkat penguasaan integrasi keilmuan (Islam) sehingga penerapan program psikoedukasi dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci: Psikoedukasi, Nilai-nilai quranic, Kecemasan Matematika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Psychoeducation, Quranic values, Mathematical Anxiety |
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 08:25 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 08:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37282 |