PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMUNIKASI DOKTER TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN DI RSUD DR. SOEROTO NGAWI

FIANY CALISTA WAHYUDIANA (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMUNIKASI DOKTER TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN DI RSUD DR. SOEROTO NGAWI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Manajemen rumah sakit berorientasi kepada pasien selaku pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan komunikasi dokter terhadap kepuasan dan loyalitas pasien di RSUD Dr. Soeroto Ngawi.Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat jalan di RSUD Dr. Soeroto Ngawi. Jumlah sampel dihitung dengan menggunakan rumus Lemeshow dan diperoleh hasil 40 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil dan pembahasan: Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien yang terbukti dari koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,324 dan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 2,131 > nilai ttabel = 2,024 dan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,040 ≤ 0,05. Komunikasi dokter berpengaruh terhadap kepuasan pasien yang terbukti dari koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,306 dan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 2,208 > nilai ttabel =2,024 dan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,034 ≤ 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien yang terbukti dari koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,307 dan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 2,679 > nilai ttabel = 2,024 dan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,011 ≤ 0,05. Komunikasi dokter berpengaruh terhadap loyalitas pasien yang terbukti dari koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,531 dan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 5,080 > nilai ttabel = 2,024 dan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien yang terbukti dari hasil path analysis bahwa pengaruh langsung variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien sebesar 0,171 > pengaruh tidak langsungnya yaitu sebesar 0,156. Komunikasi dokter tidak berpengaruh terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien yang terbukti dari hasil path analysis bahwa pengaruh langsung variable komunikasi dokter terhadap loyalitas pasien sebesar 0,458 > pengaruh tidak langsungnya yaitu sebesar 0,161. Kepuasan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien yang terbukti dari koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,451 dan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 4,481 > nilai ttabel = 2,024 dan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05. Kesimpulan: Kualitas pelayanan dan komunikasi dokter berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan, komunikasi dokter, dan kepuasan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien. Kepuasan pasien bukan menjadi faktor yang memediasi pengaruh kualitas pelayanan dan komunikasi terhadap loyalitas pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: service quality, doctor communication, patient satisfaction, patient loyalty
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:58
Last Modified: 23 Oct 2023 02:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37433

Actions (login required)

View Item
View Item