KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN KEAKTIFAN SISWA STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA

FEMIA DWITA ANGGRAENI (2023) KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN KEAKTIFAN SISWA STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (924kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai kreativitas guru PAI dalam menciptakan keaktifan siswa di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari kreativitas guru PAI dalam menciptakan keaktifan siswa di sekolah tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, subjek penelitian ditentukan sendiri oleh peneliti dan rekomendasi dari kepala SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.Hasilnya menunjukkan bahwa guru PAI di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta memiliki tingkat kreativitas yang cukup baik. Kreativitas tersebut digambarkan dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik, seperti praktikum di luar kelas, studi kasus, tanya jawab, sharing, cerita, drama, PPT, film, dan video. Media dan metode tersebut sangat berpengaruh pada keaktifan siswa. Faktor pendukung pengembangan kreativitas guru PAI di antaranya adalah diri sendiri, orang tua siswa, fasilitas sekolah, peralatan pribadi, program sekolah, portofolio, dan media pembelajaran yang menarik. Sedangkan faktor penghambat pengembangan kreativitas guru PAI di antaranya adalah diri sendiri, waktu, siswa, dan ruang kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Creativity, PAI Teacher, Student Activeness
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:00
Last Modified: 18 Oct 2023 06:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37622

Actions (login required)

View Item
View Item