FEMIA DWITA ANGGRAENI (2023) KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN KEAKTIFAN SISWA STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (920kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (795kB)
Bab I.pdf
Download (924kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (980kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (779kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (778kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (870kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (655kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai kreativitas guru PAI dalam menciptakan keaktifan siswa di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari kreativitas guru PAI dalam menciptakan keaktifan siswa di sekolah tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, subjek penelitian ditentukan sendiri oleh peneliti dan rekomendasi dari kepala SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.Hasilnya menunjukkan bahwa guru PAI di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta memiliki tingkat kreativitas yang cukup baik. Kreativitas tersebut digambarkan dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik, seperti praktikum di luar kelas, studi kasus, tanya jawab, sharing, cerita, drama, PPT, film, dan video. Media dan metode tersebut sangat berpengaruh pada keaktifan siswa. Faktor pendukung pengembangan kreativitas guru PAI di antaranya adalah diri sendiri, orang tua siswa, fasilitas sekolah, peralatan pribadi, program sekolah, portofolio, dan media pembelajaran yang menarik. Sedangkan faktor penghambat pengembangan kreativitas guru PAI di antaranya adalah diri sendiri, waktu, siswa, dan ruang kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creativity, PAI Teacher, Student Activeness |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 06:00 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 06:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37622 |