SAFRIL MUHAMAD (2023) PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI SDIT ALAM NURUL ISLAM. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (491kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Bab I.pdf
Download (210kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (357kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : Mendeskripsikan tahapan penyusunan manajemen kurikulum di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta, mendeskripsikan penerapan manajemen kurikulum di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta, mendeskripsikan strategi pengembangan manajemen kurikulum di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif analitik, Jenis penelitian ini menciptakan penemuan melalui data yang di deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah melalui reduksi data dan verivikasi data. hasil dari penelitian ini ialah, 1. Tahapan penyusunan manajemen kurikulum pendidikan Islam melalui pembentukan penangungjawab atau masing-masing kordinator untuk setiap kelas, melakukan rapat bersama dalam penetapan kurikulum bersama seluruh stakeholder SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. 2. Penerapan manajemen kurikulum pendidikan Islam ialah melalui tahapan pleaning dengan menggunakan model sistematik integrati, Pelaksanaan kurikulum dilaksanakan secara habitulistik, dan budaya humanistik diterapkan dalam proses pembelajaran. 3. strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kuliatas kurikulum ialah, Menyelenggarakan KKG (Kelompok Kerja Guru) tiap bulan mendiskusikan konsep dan aplikasi tema yg sudah ditentukan satu semester/ tahun, Partisipasi aktif pada Kelompok Kerja Guru yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan, Partisipasi aktif pada seminar/ workshop yg diselenggarakan oleh JSAN (Jaringan Sekolah Alam Nusantara) & JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu), dan Partisipasi aktif pada seminar/workshop yg diselenggarakan oleh P4TK MATEMATIKA & lembaga pemerintah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Management, curriculum, Islamic Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 04:20 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 04:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37646 |