HANIF FIKRI INDRATMA (2021) PRAKTIK PEMBERIAN VOUCHER PROMO OLEH GOJEK DITINJAU DARI PERSAINGAN USAHA YANG SEHAT. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (664kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (149kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (58kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (416kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p>Undang-Undang No 5 tahun 1999 tentang Persaingan Usaha mengatur bahwa pelaku usaha dilarang melakukan kegiatan usaha dengan strategi jual rugi (<em>Predatory Pricing</em>) untuk memikat konsumen dan melindungi posisinya. Banyak pelaku usaha terutama yang berkecimpung di bisnis <em>online</em> yang melakukan pemberian potongan harga besar-besaran sebagai sarana untuk menarik minat konsumen, salah satu pelaku usaha yang menggunakan strategi tersebut adalah Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian potongan harga yang dilakukan oleh Gojek merupakan praktik <em>predatory pricing </em>dan bagaimana akibat hukum yang harus ditanggung oleh pelaku usaha apabila terbukti melakukan jual rugi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian normatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka dan metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan undang-undang (<em>statue approach). </em>Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian potongan harga oleh Gojek tidak bisa dikatakan <em>predatory pricing </em>dikarenakan tidak memenuhi unsur dalam Pasal 20 Undang-Undang No 5 Tahun 1999 tentang Persaingan Usaha dan Anti Monopoli. Implikasi yang akan diperoleh pelaku usaha apabila terbukti melakukan <em>predatory pricing </em>akan dikenai sanksi sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang No 5 Tahun 1999 tentang Pesaingan Usaha dan Anti Monopoli.</p>
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 06:58 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 06:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3767 |