THE CORRELATION BETWEEN LEVEL OF PERCEIVED ADVANTAGES OF GIVING ONLINE PEER FEEDBACK AND STUDENTS' CRITICAL THINKING

Berliana Dyah Ayu Aprilianti (2021) THE CORRELATION BETWEEN LEVEL OF PERCEIVED ADVANTAGES OF GIVING ONLINE PEER FEEDBACK AND STUDENTS' CRITICAL THINKING. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

<p><span xss=removed><span xss=removed>Kegiatan pemberian umpan balik dengan teman secara online merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang bermanfaat yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa; membaca, menulis, dan berpikir kritis. Dengan memberikan umpan balik dengan teman secara online, mahasiswa harus menggunakan pemikiran kritis mereka untuk memberikan komentar atau saran terhadap tugas mahasiswa lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dalam memberikan masukan dari teman secara online, tingkat berpikir kritis mahasiswa, dan korelasi antara tingkat keuntungan yang dirasakan dari pemberian masukan dari teman secara online dan pemikiran kritis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Angket merupakan instrumen penelitian dalam penelitian ini. Hipotesis penelitian ini menggunakan hipotesis alternatif (H1), terdapat hubungan antara tingkat persepsi keuntungan pemberian umpan balik secara online dengan berpikir kritis mahasiswa. Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2018 dengan jumlah 144 mahasiswa menjadi responden dalam penelitian ini. Kemudian ada tiga hasil dari penelitian ini. Pertama, tingkat persepsi keuntungan mahasiswa dalam memberikan umpan balik dengan teman secara online dikategorikan sebagai persepsi tinggi, karena hasilnya 3,55 dari 4. Artinya mahasiswa merasa bahwa kegiatan pemberian umpan balik dengan teman secara online bermanfaat. Hasil kedua menyebutkan tingkat berpikir kritis mahasiswa, menunjukkan bahwa tingkat berpikir kritis mahasiswa adalah 3,82 dari 5. Dengan demikian, berpikir kritis mahasiswa termasuk dalam kategori tinggi, artinya tingkat berpikir kritis mahasiswa dalam Jurusan Bahasa Inggris di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta memiliki tingkat pemikiran kritis yang tinggi. Hasil terakhir adalah tentang korelasi antara tingkat keuntungan yang dirasakan dari pemberian umpan balik dengan teman secara online dan pemikiran kritis mahasiswa. Hasil uji korelasi signifikan (2 tailed) adalah 0,000 <0 xss=removed></span></p>

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2021 06:58
Last Modified: 16 Dec 2021 06:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3769

Actions (login required)

View Item
View Item