NURBAITI (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (362kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Bab I.pdf
Download (135kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (482kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan karakter disiplin siswa SMP Muhammadiyah 1 Gamping; 2) Menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter disiplin siswa SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan subyek penelitian adalah Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Gamping, Guru Pendidikan Agama Islam, dan 6 siswa/siswi SMP Muhammadiyah 1 Gamping.Hasil penelitian yang didapatkan: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter disiplin siswa SMP Muhammadiyah 1 Gamping yaitu guru berperan sebagai: a) pembimbing, contohnya guru membimbing siswa agar selalu bersikap disiplin baik dalam segi pembelajaran dikelas maupun segi keagamaan siswa. b) teladan, contohnya guru memberikan contoh yang baik seperti tingkah laku, cara berpakaian yang sopan, dan datang tepat waktu ke sekolah. c) motivator, contohnya guru dapat menjadi seorang pendorong bagi siswa dalam meningkatkan kedisiplinannya dalam pembelajaran dengan cara memberikan pujian, arahan, nasehat, bimbingan, bahkan hukuman dan hadiah. d) evaluator, contohnya guru dapat mengumpulkan data atau point-point terkait kedisiplinan siswa dengan secara jujur, adil, dan tidak pilih kasih atau kecurangan. 2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan karakter disiplin siswa, meliputi faktor dari anak itu sendiri, sikap pendidik, lingkungan (sekolah, keluarga dan masyarakat) dan tujuan atau peraturan sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Role of Islamic Education teachers, disciplinary characters |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 09:40 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 09:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37834 |