STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR PADA SISWA MELALUI DESAIN PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

ARIYO WIBISONO (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR PADA SISWA MELALUI DESAIN PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui dan menganalisis strategi guru PAI yang diterapkan kepada siswa di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, menganalisis perilaku belajar pada siswa, mengetahui dan menganalisis penggunaan desain pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi dalam penelitian ini bertempat di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada pelaksanaannya guru PAI di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta terbagi menjadi tiga tahapan terdiri dari pembukaan, kegiatan inti, dan penutup. Terdapat faktor pendukung yang dialami oleh guru selama melaksanakan desain pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan fasilitas sarana prasarana yang tersedia dapat membantu tugas seorang guru dalam melaksanakan desain pembelajaran yang ingin dilakukan kepada siswanya. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya jam pelajaran yang menjadi sebab desain pembelajaran tersebut kurang terlaksana dengan baik, dan keadaan siswa yang lelah menjadikan kurangnya fokus dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: The Strategy of Islamic Education Teachers, Students' Learning Behavior, Learning Design
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:29
Last Modified: 10 Oct 2023 04:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37915

Actions (login required)

View Item
View Item