TSALITSA KHANSA NABILA (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGAYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (372kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
Bab I.pdf
Download (531kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (565kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (542kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (668kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (465kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (338kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar Belakang: Selama pandemik Covid-19, banyak regulasi-regulasi baru yang dikeluarkan pemerintah salah satunya adalah melakukan pembelajaran online. Sering kali dalam pelaksanaan pembelajaran online ini, mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik. Salah satu hal yang mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah motivasi belajar.Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik selama pembelajaran online pada mahasiswa prodi kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.Metode: Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif studi cross sectional dengan sampel 304 mahasiswa prodi kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan tingkat respon 63,8% yang dipilih menggunakan metode yaitu total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan bentuk google form. Analisis yang digunakan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi belajar adalah uji spearman rank mengguankan SPSS 21.Hasil: Pada penelitian ini, responden laki-laki berjumlah 101 responden dan perempuan berjumlah 203 responden. Hasil menunjukkan tingkat motivasi belajar 158 responden (52.0%) berada pada tingkat sedang sedangkan prokrastinasi akademik yang dilakukan 212 responden (69.7%) berada pada tingkat sedang. Analisis spearman menunjukan terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan nilai p=-0.460. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik selama pembelajaran online pada mahasiswa prodi kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Academic Motivation, Academic Procrastination, Online Learning, Medical Students |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 04:10 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 04:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37941 |