MOCH SYAHRUL HIDAYAT (2023) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM MENYAMPAIKAN GAGASAN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (339kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (520kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab I.pdf
Download (99kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (647kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (360kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi guru, keaktifan siswa dalam menyampaikan gagasan dan pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap keaktifan siswa dalam menyampaikan gagasan pada mata pelajaran Al-Qur�an Hadist kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Gamping. Peneliti menggunakan pendekatan metode mixed method dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan perancangan embedded design (desain tersematkan) yang menggunakan koesioner terhadap 99 siswa, wawancara terhadap 14 siswa dengan purposive sampling serta observasi di kelas VIII sebanyak 10 kali. Analisis data penelitian ini, menggunakan pengolahan program aplikasi SPSS 25 dan dilengkapi dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan nilai koefisien sebesar 1,510 dengan nilai sig. adalah sebesar 0,00 < 0> t tabel 1,984 dan nilai koefisien determinasi pada tabel Model Summary, nilai R Square menunjukkan angka sebesar 0,536 yang dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap keaktifan siswa dalam menyampaikan gagasan, dengan kategori baik. Dapat diindikasikan bahwa pemahaman siswa yang relevan dibuktikan dari respon dan penyampaian pesan yang dapat dipahami dari komunikasi guru. Dengan demikian, komunikasi guru lebih dominan dari komunikasi responsif ke arah komunikasi efektif yang positif melalui 3 jenis komunikasi yang telah dianalisis berdasarkan hasil survey, wawancara dan observasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teacher's Communication Ability, Student Participation in Delivering Ideas |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 04:04 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 04:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37950 |