AILSA RAMADHANTI (2023) GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS SISTEM E-LEARNING (MYKLASS) DI PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN ONLINE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Bab I.pdf
Download (449kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (590kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (778kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (318kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Latar Belakang: Penggunaan sistem pembelajaran e-learning di Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sudah diaktifkan sejak tahun 2006 dan dapat diakses di alamat web myklass-fkik.umy.ac.id. Sistem e-learning yang dilakukan sebelum masa pandemi Covid-19 tidak digunakan secara optimal dikarenakan interaksi antara dosen dan mahasiswa lebih banyak dilakukan secara langsung atau tatap muka. Penggunaan sistem e-learning oleh mahasiswa baru digunakan secara mutlak dalam kegiatan perkuliahan ketika pandemi Covid-19 berlangsung. Beberapa aspek kualitas sistem yang dirasakan oleh mahasiswa karena kendala sistem e-learning dapat menimbulkan persepsi atau tanggapan mahasiswa yang berbeda-beda.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kualitas sistem e-learning selama masa pandemi Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 185 mahasiswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner kualitas sistem e-learning yang dimodifikasi kuesioner dari PIECES Framework (Perormance dan Information and Data) dan USE (Usefulness, Satisfaction, and Ease of Use) dengan 35 item pertanyaan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif berupa distribusi frekuensi dan kesimpulan persepsi kelompok dihitung menggunakan perhitungan skor T.Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pada seluruh aspek kualitas sistem Myklass dalam kategori baik (>75%). Hasil persepsi mahasiwa pada aspek Ease of Learning sistem MyKlass kedokteran gigi UMY mendapatkan persentase tertinggi dalam kategori baik (82,6%). Pada aspek Performance menunjukkan nilai persentase terendah (80,5%). Persepsi kelompok berdasarkan skor T menunjukkan bahwa 70 mahasiswa memberi respon positif (mendukung) namun 115 mahasiswa menunjukkan respon yang negatif (tidak mendukung) terhadap kualitas sistem MyKlass secara keseluruhan.Kesimpulan: Kualitas sistem e-learning (MyKlass) masih perlu ditingkatkan berdasarkan persepsi mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-learning, system quality, MyKlass, perception |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 07 Oct 2023 07:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2023 07:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37995 |