Maisyatul Azizah (2020) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KEMBANGAN PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI RASUL ULUL AZMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (676kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Bab I.pdf
Download (405kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (319kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SD Negeri Kembangan pada mata pelajaran PAI materi Rasul Ulul Azmi, mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dari penerapan metode mind mapping, serta apa saja hambatan yang dialami ketika pembelajaran dan bagaimana proses meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SD Negri Kembangan.
Penelitian menggunakan pendekatan Claasroom Action Research atau penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kembangan pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara tidak struktur, tes, dokumentasi dan angket sebagai pelengkap. Instrument penelitian yang diguanakan yaitu lembar observasi rating scale dan lembar angket skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, minat belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditinjau dari hasil observasi yang dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama yaitu minat belajar siswa memiliki rata-rata 60
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:14 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 01:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/380 |