PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU ISMUBA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR

RINDI ANNISA NURFADILAH (2023) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU ISMUBA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tumbuhnya motivasi itu datang dari internal serta dari eksternal. Seperti saat proses belajar mengajar di sekolah. Proses belajar mengajar ialah proses yang sangat kompleks, dan guru perlu memiliki pemahaman serta ketrampilan yang baik dalam prosesnya. Salah satu pemahaman yang penting sekaligus guru harus memiliki ketrampilan adalah bagaimana guru dapat mendorong siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, sehingga mereka termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis kompetensi kepribadian guru ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. 2) Untuk menganalisis motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. 3) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi kepribadian guru ISMUBA terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 guru ISMUBA dan 148 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi kepribadian guru ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Minggir berada pada tingkat kategori baik dengan persentase 50% atau sejumlah 6 guru menunjukkan diri mereka sebagai pribadi yang mantap dan stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berakhlak mulia. 2) Motivasi belajar siswa kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah 1 Minggir berada dalam tingkat kategori sedang dengan persentase 56% siswa memiliki hasrat dan keinginan untuk berhasil, ulet dalam menghadapi kesulitan, melibatkan diri dalam kegiatan mengerjakan tugas dari guru, konsisten dalam belajar, menyukai kegiatan pembelajaran yang menarik, menyukai lingkungan kelas yang kondusi, serta memiliki dorongan dan kebutuhan dalam belajar. 3) Hasil analisis data menunjukkan nilai sig, 0,000 ? 0,05, artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian guru ISMUBA terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Minggir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teachers' personality, Learning motivation improvement, SMP students
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 07 Oct 2023 06:52
Last Modified: 07 Oct 2023 06:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38042

Actions (login required)

View Item
View Item