RINDI ANNISA NURFADILAH (2023) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU ISMUBA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (688kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (249kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
Bab I.pdf
Download (318kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (683kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (888kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tumbuhnya motivasi itu datang dari internal serta dari eksternal. Seperti saat proses belajar mengajar di sekolah. Proses belajar mengajar ialah proses yang sangat kompleks, dan guru perlu memiliki pemahaman serta ketrampilan yang baik dalam prosesnya. Salah satu pemahaman yang penting sekaligus guru harus memiliki ketrampilan adalah bagaimana guru dapat mendorong siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, sehingga mereka termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis kompetensi kepribadian guru ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. 2) Untuk menganalisis motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. 3) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi kepribadian guru ISMUBA terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 guru ISMUBA dan 148 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi kepribadian guru ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Minggir berada pada tingkat kategori baik dengan persentase 50% atau sejumlah 6 guru menunjukkan diri mereka sebagai pribadi yang mantap dan stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berakhlak mulia. 2) Motivasi belajar siswa kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah 1 Minggir berada dalam tingkat kategori sedang dengan persentase 56% siswa memiliki hasrat dan keinginan untuk berhasil, ulet dalam menghadapi kesulitan, melibatkan diri dalam kegiatan mengerjakan tugas dari guru, konsisten dalam belajar, menyukai kegiatan pembelajaran yang menarik, menyukai lingkungan kelas yang kondusi, serta memiliki dorongan dan kebutuhan dalam belajar. 3) Hasil analisis data menunjukkan nilai sig, 0,000 ? 0,05, artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian guru ISMUBA terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Minggir.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teachers' personality, Learning motivation improvement, SMP students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 07 Oct 2023 06:52 |
Last Modified: | 07 Oct 2023 06:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38042 |