NUR SRIYANTI (2023) PENGARUH TRAINING TEAM BUILDING TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI EFEKTIF MAHASISWA KEPERAWATAN DI POLITEKNIK KALTARA TARAKAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (584kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Bab I.pdf
Download (408kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (470kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (472kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (823kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar Belakang: Komunikasi efektif merupakan materi penting yang dibutuhkan oleh mahasiswa keperawatan Politeknik Kalatara Tarakan karena terdapat permasalahan dalam menilai hasil belajar baik dari aspek kognitif maupun psikomotorik khususnya pada lingkup patient safety yaitu SBAR yang sangat kurang dan terbatas. Diperlukan suatu metode pembelajaran yang dianggap mampu memenuhi aspek kognitif dan psikomotorik dalam melakukan komunikasi yang efektif, khususnya dalam lingkup komunikasi SBAR. Training Team Building adalah metode pembelajaran berupa pelatihan yang memberikan paket lengkap dalam metode pembelajaran terkini karena dapat meningkatkan komunikasi yang efektif, melatih kekompakan tim dan belajar bagaimana memecahkan masalah dan menciptakan solusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Team Building Training terhadap peningkatan aspek kognitif dan psikomotor terkait komunikasi efektif pada mahasiswa keperawatan Politeknik Kaltara. Penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen merupakan metode penelitian ini. Dari hasil penelitian diketahui bahwa mahasiswa yang mengikuti pelatihan team building mengalami peningkatan komunikasi efektif sebesar 85,7% pada aspek kognitif dan 76,2% pada aspek psikomotorik, sedangkan untuk kelompok kontrol tidak terjadi peningkatkan persentase. Melalui hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa sangat penting memberikan variasi metode pembelajaran bagi mahasiswa keperawatan agar dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda karena experiential learning dinilai mampu membangun rasa percaya diri mahasiswa dalam melakukan komunikasi yang efektif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effective communication, training team building, nursing student |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 03:19 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 03:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38059 |