HOW DOES THE ONLINE NEWS PORTAL FRAMING THE PHENOMENON OF STREET FASHION IN INDONESIA

RESTI RYHANISA (2023) HOW DOES THE ONLINE NEWS PORTAL FRAMING THE PHENOMENON OF STREET FASHION IN INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, menjelaskan mengenai framing portal berita online Kompasiana dan Harian Terbit tentang fenomena Citayam Fashion Week (CFW) sebagai street fashion di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Penelitian ini menggunakan software NVIVO 12 plus sebagai alat analisis data. Temuan Penelitian ini framing media online berperan penting dalam pembentukan opini masyarakat terhadap fenomena street fashion CFW. Portal berita Kompasiana menampilkan konten framing dengan konten paling dominan adalah Efek Media Baru, sedangkan Harian Terbit yaitu Respon Publik. Kemudian, intensitas pemberitaan fenomana street fashion Citayam Fashion Week pada portal berita online tertinggi pada saat fenomena tersebut sedang viral. Selain itu, narasi framing yang disebarkan oleh dua portal berita tersebut fokus sebagai fenomena baru di Indonesia yang familiar disebut dengan street fashion dan juga perilaku remaja dalam mengikuti trend social media. Narasi framing tersebut bernuansa menunjukan hubungan antara pembentukan prilaku remaja dengan penggunaan sosial media, dalam konteks fenomena dinamika CFW.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Street Fashion, Online News, Framing, Media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:37
Last Modified: 06 Oct 2023 02:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38063

Actions (login required)

View Item
View Item