ANIKA DWI KUSUMA DEWI (2023) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM LOKAL SASAK MAIQ TAHUN 2022 (STUDI KASUS PADA INSTAGRAM @SASAKMAIQ.ID DI LOMBOK BARAT). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (337kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (831kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini didukung oleh perkembangan era digital, terutama dengan pesatnya perkembangan dunia bisnis. Saat ini para pelaku UMKM di NTB menggunakan media sosial sebagai strategi komunikasi pemasaran produk/barang dan jasa untuk mempersuasi dan meningkatkan jumlah konsumen, yang salah satunya yaitu UMKM Sasak Maiq, di Lombok Barat, NTB. Penelitian ini mengkaji bagaimana strategi komunikasi pemasaran Sasak Maiq dalam meningkatkan penjualan pada media sosial Instagram. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan peneliti untuk mengecek kondisi objek yang alamiah. Sasak Maiq menggunakan tahapan mengembangkan komunikasi pemasaran di media sosial secara efektif, yaitu dengan menentukan tujuan komunikasi, mempersiapkan sumber daya dan tim yang tepat, mengidentifikasi target pasar, merancang pesan melalui konten, mengimplementasi konten dengan engagement, dan mengidentifikasi saluran komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari semua tahapan komunikasi pemasaran yang dilakukan Sasak Maiq di media sosial, tahapan implementasi konten dengan engagement yang berpengaruh besar tehadap peningkatan penjualan pada Instagram Sasak Maiq tepatnya pada pemanfaatan Influencer Lombok dan juga Sasak Maiq menggunakan fitur-fitur di Instagram sebagai strategi komunikasi pemasaran. Penggunaan fitur tersebut dapat membantu Sasak Maiq dalam meningkatkan engagement sehingga menjadi potensi dalam meningkatkan penjualan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promotion strategy, Sasak Maiq, Instagram |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 02:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 02:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38069 |