PERTANGGUNGJAWABAN PT.GRAB TERHADAP DRIVER AKIBAT ORDERAN FIKTIF DALAM LAYANAN GRABFOOD YANG MENGGUNAKAN TRANSAKSI TUNAI (STUDI DI KOTA MANADO)

ANANDASARI DINAYAH ANWAR (2023) PERTANGGUNGJAWABAN PT.GRAB TERHADAP DRIVER AKIBAT ORDERAN FIKTIF DALAM LAYANAN GRABFOOD YANG MENGGUNAKAN TRANSAKSI TUNAI (STUDI DI KOTA MANADO). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Orderan fiktif dalam layanan Grabfood adalah suatu orderan yang tidak jelas atau tidak ada yang disebabkan oleh pihak konsumen yang tidak bertanggungjawab, sehingga menimbulkan kerugian terhadap pihak driver.  Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan hukum antara PT. Grab, Driver, Merchant (Restaurant), dan Konsumen dalam Aplikasi Grabfood? Dan bagaimana pertanggungjawaban PT. Grab terhadap Driver Grab atas kerugian yang dialami akibat orderan fiktif dalam layanan Grabfood yang menggunakan transaksi tunai?  Sedangkan metode yang digunakan ialah metode penelitian hukum normatif-empris dengan menggunakan pendekatan kasus (case approach). Jenis data terdiri dari data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan berupa wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan hukum yang terjadi antara para pihak-pihak dilandasi dengan hubungan hukum berupa perjanjian kemitraan, jual-beli, dan perjanjian pengangkutan. Sedangkan pertanggungjawaban PT. Grab terhadap pihak driver yang mengalami kerugian akibat orderan fiktif tidak dirumsukan dalam perjanjian elektronik yang dibuat. Namun pada faktanya, PT. Grab bertanggungjawab terhadap seluruh kerugian yang dialami oleh pihak driver dengan catatan pihak driver harus memenuhi syarat dan ketentuan yang dibuat oleh PT. Grab. Adapun mekanisme pengembalian kerugian yang dialami oleh pihak driver dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagaimana yang telah disediakan dalam aplikasi Grab.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Grab, Fictitious Orders, Accountability, Ovo
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:26
Last Modified: 06 Oct 2023 02:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38080

Actions (login required)

View Item
View Item