ANANDASARI DINAYAH ANWAR (2023) PERTANGGUNGJAWABAN PT.GRAB TERHADAP DRIVER AKIBAT ORDERAN FIKTIF DALAM LAYANAN GRABFOOD YANG MENGGUNAKAN TRANSAKSI TUNAI (STUDI DI KOTA MANADO). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Orderan fiktif dalam layanan Grabfood adalah suatu orderan yang tidak jelas atau tidak ada yang disebabkan oleh pihak konsumen yang tidak bertanggungjawab, sehingga menimbulkan kerugian terhadap pihak driver. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan hukum antara PT. Grab, Driver, Merchant (Restaurant), dan Konsumen dalam Aplikasi Grabfood? Dan bagaimana pertanggungjawaban PT. Grab terhadap Driver Grab atas kerugian yang dialami akibat orderan fiktif dalam layanan Grabfood yang menggunakan transaksi tunai? Sedangkan metode yang digunakan ialah metode penelitian hukum normatif-empris dengan menggunakan pendekatan kasus (case approach). Jenis data terdiri dari data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan berupa wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan hukum yang terjadi antara para pihak-pihak dilandasi dengan hubungan hukum berupa perjanjian kemitraan, jual-beli, dan perjanjian pengangkutan. Sedangkan pertanggungjawaban PT. Grab terhadap pihak driver yang mengalami kerugian akibat orderan fiktif tidak dirumsukan dalam perjanjian elektronik yang dibuat. Namun pada faktanya, PT. Grab bertanggungjawab terhadap seluruh kerugian yang dialami oleh pihak driver dengan catatan pihak driver harus memenuhi syarat dan ketentuan yang dibuat oleh PT. Grab. Adapun mekanisme pengembalian kerugian yang dialami oleh pihak driver dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagaimana yang telah disediakan dalam aplikasi Grab.
Dosen Pembimbing: | Danang Wahyu Muhammad, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0528056901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Grab, Fictitious Orders, Accountability, Ovo |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 02:26 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 02:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38080 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |