ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM MARKETPLACE BANTUL ONLINE SHOP (BOS) UNTUK PENGEMBANGAN PELAKU UMKM DI KABUPATEN BANTUL TAHUN 2020-2022

SRI INDAH ASTUTI (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM MARKETPLACE BANTUL ONLINE SHOP (BOS) UNTUK PENGEMBANGAN PELAKU UMKM DI KABUPATEN BANTUL TAHUN 2020-2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas program Bantul Online Shop (BOS) untuk pengembangan pelaku UMKM di Kabupaten Bantul pada tahun 2022. Dalam analisis ini menggunakan 3 indikator yang diperoleh dengan hasil: Pertama, ketepatan sasaran program yang sudah sesuai dengan sasaran utamanya yaitu para pelaku UMKM Kabupaten Bantul yang sudah terdaftar di aplikasi Sistem Informasi Data UKM dan Perindustrian (SIDAKUI). Kedua, sosialisasi program yang dilakukan oleh DISKOP dan KOMINFO Kabupaten Bantul masih belum efektif karena belum ada sosialisasi secara resmi dalam akun media sosial kedua belah pihak instansi dan lebih banyak menggunakan sosialisai informal. Ketiga, pemantauan program dapat dikatakan belum efektif karena dalam pemantauan jika ada pelaporan permasalahan dalam penggunaan aplikasi saja. Kemudian, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif dengan jenis penelitian data primer dan data sekunder melalui teknik pengumpulan data wawancara kepada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan yang terkhusus kepada admin aplikasi Bantul Online Shop dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul serta dilengkapi dengan data dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis menyimpulkan bahwa terdapat ketepatan sasaran program, sosialisasi program, dan pemantauan program yang dirasa masih belum efektif karena aplikasi Bantul Online Shop ini belum dapat menguntungkan bagi sasarannya. Harapannya dari hasil penelitian ini mampu mengembangkan aplikasi Bantul Online Shop (BOS) yang lebih baik lagi dan mampu bermanfaat bagi masyarakat luas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Program Effectiveness, Marketplace, UMKM, Bantul Online Shop, BOS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:15
Last Modified: 05 Oct 2023 07:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38142

Actions (login required)

View Item
View Item