AUDIENCE ACCEPTANCE OF THE 90S GENERATION LIFESTYLE IN BEBAS FILMS

LUTHFIAH HIKMAH SABELLA (2023) AUDIENCE ACCEPTANCE OF THE 90S GENERATION LIFESTYLE IN BEBAS FILMS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan film Bebas untuk mencari tahu bagaimana penerimaan penonton terhadap gaya hidup generasi 90-an dalam film bebas. Gaya hidup generasi 90-an dalam film bebas dipilih karena hal tersebut yang menjadi daya tarik utama dalam film ini, bahkan sampai diadakan konser bertajuk pesta 90-an menjelang pemutaran film ini.  Meskipun begitu, ada beberapa scene yang dinilai dapat menciptakan kesan negatif bagi generasi 90-an.  Hal ini menarik minat peneliti untuk mencari tahu bagaimana pemaknaan penonton terhadap gaya hidup generasi 90-an dalam film bebas. Selain itu belum ada penelitian dalam film bebas yang fokus mengkaji khalayak. Tema yang diteliti dalam film ini yaitu fashion generasi 90-an, tawuran dan perkelahian, serta bahasa gaul. Penelitian ini menggunakan teori analisis resepsi dengan model encoding-decoding milik stuart hall dengan teknik pengumpulan data wawancara dengan enam informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaknaan setiap informan berbeda-beda, yaitu dominan-hegemoni, negosiasi, dan oposisi. Hal ini membuktikan bahwa penonton merupakan khalayak aktif, karena tidak selalu menerima secara penuh pesan yang disampaikan oleh media, tetapi mereka juga memaknai kembali pesan yang mereka terima, dan hasilnya tergantung latar belakang dan pengalaman setiap informan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audience Reception, Lifestyle, 90s generation, Film Bebas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:53
Last Modified: 05 Oct 2023 03:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38213

Actions (login required)

View Item
View Item