Tassya Alfani Siregar (2020) Pengaruh Multi Agama Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di SMP Bopkri Godean. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (584kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Bab I.pdf
Download (428kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (556kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menganalisis bagaimana pendidikan karaker di SMP BOPKRI Godean serta menganalisis adakah pengaruh Multi Agama terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SMP BOPKRI Godean dan seberapa besar pengaruh tersebut. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian survey. Penelitian ini dilakukan di SMP BOPKRI Godean. Variabel yang digunakan di dalam penelitian ini ialah Multi Agama sebagai variabel independen (X) dan Pendidikan Karakter sebagai variabel dipenden (Y). Populasi pada penelitian ini merupakan
46 siswa di SMP BOPKRI Godean dan sampel penelitian ini ialah seluruh populasi siswa di SMP BOPKRI Godean. Teknik Pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara yang dilakukan kepada Kepala Sekolah SMP BOPKRI Godean, kuisioner ditujukan kepada siswa dan juga dokumentasi yang didaptkan dari SMP BOPKRI Godean guna untuk mendapatkan data yang dibutuhkan di dalam penelitian ini.Teknik analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini ialah uji deskriptif dan uji analisis regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasannya (1) Pendidikan karakter siswa di SMP BOPKRI Godean menajalankan fungsinya dalam kategori sedang yaitu sebesar 67,4%, dengan pengkategorian tersebut juga didapatkan hasil melalui wawancara dengan Kepala Sekolah SMP BOPKRI Godean mengenai pendidikan karakter yang paling menonjol dari tiga nilai pendidikan karakter yang digunakan di dalam penelitian ini ialah nilai toleransi. (2) Terdapat pengaruh antara variabel multi agama terhadap variabel pendidikan karakter siswa yang didapakan setelah melakukan uji analisis regresi linier sederhana, dan dari hasil uji regresi linier sederhana yang dilakukan di dalam penelitian ini juga didapatkan besarnya pengaruh multi agama terhadap pendidikan karakter siswa di SMP BOPKRI Godean yaitu sebesar 36.5% sedangkan untuk 63,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Kata kunci : Pengaruh; Multi Agama; Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:13 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 01:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/384 |