SHOPEE AFFILIATES: HOW IS THE PATTERN OF USING HASHTAGS ON TWITTER IN PROMOTING SALES PRODUCTS

DEVIRA AILEN INDRASARI (2023) SHOPEE AFFILIATES: HOW IS THE PATTERN OF USING HASHTAGS ON TWITTER IN PROMOTING SALES PRODUCTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hadirnya internet mengubah transakasi jual beli. Promosi produk dilakukan menggunakan internet karena masyarakat banyak memanfaatkan ruang digital untuk berbagi informasi. Media sosial adalah salah satu sarana untuk menyampaikan informasi dari perusahaan kepada konsumen. Masing-masing media sosial memiliki bentuk konten yang berbeda dan menjadi karakteristik tersendiri. Penelitian ini bertujuan menganalisis pola penggunaan hashtag di Twitter oleh Shopee Affiliates untuk promosi produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif terhadap hashtag yang digunakan Shopee Affiliates, dengan Wordstat sebagai alat analisis. Penelitian ini menjawab bahwa pola promosi produk yang dilakukan oleh Shopee Affiliate di Twitter dikategorikan sebagai kumpulan tweet rekomendasi. Tweet dari Shopee Affiliates dominan mempromosikan produk perempuan, sehingga menggunakan bahasa khusus untuk perempuan. Selain itu, terdapat praktik neoliberalisme dalam promosi yang dilakukan oleh Shopee Affiliate karena pemasaran digital secara sengaja menggambarkan individu yang sukses dan berdaya ketika mereka terlibat dalam kegiatan konsumsi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Shopee Affiliates, Social Media, Promoting Sales Product, Hashtags
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:08
Last Modified: 03 Oct 2023 08:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38436

Actions (login required)

View Item
View Item