STRATEGI PEMERINTAH UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK INDONESIA MELALUI E-COMMERCE DI TENGAH GEMPURAN PRODUK ASING

MIYA MELINA (2023) STRATEGI PEMERINTAH UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK INDONESIA MELALUI E-COMMERCE DI TENGAH GEMPURAN PRODUK ASING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemerintah untuk meningkatkan daya jual produk dalam negeri melalui e-commerce di tengah gempuran produk luar negeri yang semakin tinggi peminatnya di kalangan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Teknik pengumpulan data yang meliputi data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan kerangka pemikiran  e-commerce dan perdagangan internasional menunjukkan bahwa saat ini persaingan dagang sangat mempengaruhi penjualan para pelaku usaha. Persaingan dagang ketika masuknya e-commerce di Indonesia membuat para pelaku UMKM  memiliki pesaing yang cukup berat. Strategi yang digunakan Pemerintah Indonesia untuk mengatasi hal ini antara lain dengan melindungi UMKM dengan cara menerapkan kebijakan yang mewajibkan platform e-commerce untuk memberikan ruang khusus bagi pelaku UMKM dalam negeri serta memberikan bantuan berupa subsidi secara langsung kepada pelaku UMKM agar lebih dapat mengembangkan usahanya sehingga tidak akan kalah bersaing dengan e-commerce yang semakin berkembang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-commerce, UMKM, Government Strategy, Trade Competition
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:57
Last Modified: 14 Sep 2023 01:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38605

Actions (login required)

View Item
View Item