ULVA FANTIANA (2023) STUDENTS' LEARNING STYLES AND ENGLISH LISTENING PROFICIENCY: A CORRELATIONAL STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Bab I.pdf
Download (104kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Terdapat banyak faktor-faktor penting keberhasilan siswa dalam mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua khususnya dalam mempelajari keterempilan menyimak, dan gaya belajar menjadi salah satu faktornya. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, tingkat keterampilan menyimak bahasa Inggris siswa, dan korelasi antara gaya belajar siswa dan keterampilan menyimak mereka. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas swasta di Yogyakarta, dan partisipannya adalah 111 mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Kuesioner gaya belajar siswa diadopsi dari Learning Style Inventory (LSI) oleh Najar dan Bhat (2020) yang berjumlah 30 item. Sedangkan, kemahiran menyimak siswa (skor TOEFL) diambil dari mata kuliah ILT (International Language Testing). Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar siswa lebih menyukai gaya belajar visual sebanyak 76 siswa (68,5%), diikuti gaya belajar auditori sebanyak 22 siswa (19,8%), dan gaya belajar kinestetik sebanyak 13 siswa (11,7%). Sementara itu, keterampilan menyimak siswa dikategorikan pada tingkat kemahiran lanjutan sebanyak 79 siswa (71,2%), tinggi-menengah terdiri dari 24 siswa (21,6%), rendah-menengah 7 siswa (6,3%), dan 1 siswa (0,9%) dengan level paling bawah yaitu rendah-menengah. Selanjutnya, di antara ketiga gaya belajar tersebut, tidak ada yang memiliki korelasi dengan keterampilan menyimak. Visual memiliki nilai signifikansi 0,187, auditori memiliki nilai signifikansi 0,427, dan kinestetik memiliki nilai signifikansi 0,847. Dengan demikian, nilai signifikansi ketiga gaya belajar tersebut lebih besar dari 0,05 (?-value > 0,05), dan dapat disimpulkan bahwa gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik tidak memiliki korelasi dengan keterampilan menyimak siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | correlation, learning styles, listening skills, English listening proficiency level |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 04:00 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 04:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38676 |