STUDENTS' LEARNING STYLES AND ENGLISH LISTENING PROFICIENCY: A CORRELATIONAL STUDY

ULVA FANTIANA (2023) STUDENTS' LEARNING STYLES AND ENGLISH LISTENING PROFICIENCY: A CORRELATIONAL STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Terdapat banyak faktor-faktor penting keberhasilan siswa dalam mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua khususnya dalam mempelajari keterempilan menyimak, dan gaya belajar menjadi salah satu faktornya. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, tingkat keterampilan menyimak bahasa Inggris siswa, dan korelasi antara gaya belajar siswa dan keterampilan menyimak mereka. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas swasta di Yogyakarta, dan partisipannya adalah 111 mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Kuesioner gaya belajar siswa diadopsi dari Learning Style Inventory (LSI) oleh Najar dan Bhat (2020) yang berjumlah 30 item. Sedangkan, kemahiran menyimak siswa (skor TOEFL) diambil dari mata kuliah ILT (International Language Testing). Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar siswa lebih menyukai gaya belajar visual sebanyak 76 siswa (68,5%), diikuti gaya belajar auditori sebanyak 22 siswa (19,8%), dan gaya belajar kinestetik sebanyak 13 siswa (11,7%). Sementara itu, keterampilan menyimak siswa dikategorikan pada tingkat kemahiran lanjutan sebanyak 79 siswa (71,2%), tinggi-menengah terdiri dari 24 siswa (21,6%), rendah-menengah 7 siswa (6,3%), dan 1 siswa (0,9%) dengan level paling bawah yaitu rendah-menengah. Selanjutnya, di antara ketiga gaya belajar tersebut, tidak ada yang memiliki korelasi dengan keterampilan menyimak. Visual memiliki nilai signifikansi 0,187, auditori memiliki nilai signifikansi 0,427, dan kinestetik memiliki nilai signifikansi 0,847. Dengan demikian, nilai signifikansi ketiga gaya belajar tersebut lebih besar dari 0,05 (?-value > 0,05), dan dapat disimpulkan bahwa gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik tidak memiliki korelasi dengan keterampilan menyimak siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: correlation, learning styles, listening skills, English listening proficiency level
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:00
Last Modified: 02 Nov 2023 04:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38676

Actions (login required)

View Item
View Item