IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH INSAN KREATIF KEMBARAN

SRIYANTI (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH INSAN KREATIF KEMBARAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang diterapkan dalam kurikulum 2013 yaitu dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema. penerapan pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik, sehingga peserta didik mampu berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tematik di kelas V SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran, serta untuk mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran tematik terdiri dari 3 yaitu perencanaan yaitu dengan melakukan pemilihan KD, menyusun silabus, dan menyusun RPP. Pelaksanaan pembelajaran tematik adalah realisasi dari RPP yang telah disusun oleh pendidik yaitu dengan melakukan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Penilaian dalam pembelajaran tematik yaitu dengan menilai dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik yang dihadapi pendidik yaitu bahan bacaan masih kurang, waktu yang relatif kurang, dan masih ada peserta didik yang belum bisa membaca dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Thematic, SD Muhammadiyah, Implementation, Challenges
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 13 Sep 2023 09:07
Last Modified: 13 Sep 2023 09:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38712

Actions (login required)

View Item
View Item