SRIYANTI (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH INSAN KREATIF KEMBARAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (421kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Bab I.pdf
Download (83kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (230kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (42kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (239kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (571kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang diterapkan dalam kurikulum 2013 yaitu dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema. penerapan pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik, sehingga peserta didik mampu berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tematik di kelas V SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran, serta untuk mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran tematik terdiri dari 3 yaitu perencanaan yaitu dengan melakukan pemilihan KD, menyusun silabus, dan menyusun RPP. Pelaksanaan pembelajaran tematik adalah realisasi dari RPP yang telah disusun oleh pendidik yaitu dengan melakukan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Penilaian dalam pembelajaran tematik yaitu dengan menilai dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik yang dihadapi pendidik yaitu bahan bacaan masih kurang, waktu yang relatif kurang, dan masih ada peserta didik yang belum bisa membaca dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Thematic, SD Muhammadiyah, Implementation, Challenges |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 09:07 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 09:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38712 |