ANGGUN ALFI MAHARANI (2023) EXPLORING STUDENTS' EXPERIENCES IN JOINING TEACHING PRACTICE OF "MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA" CURRICULUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (639kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Bab I.pdf
Download (285kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (420kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (657kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Praktek mengajar merupakan komponen penting dari sebagian besar program pendidikan guru pra-jabatan. Praktik mengajar di kurikulum Kampus Mandiri Belajar Mandiri (MBKM) berbeda dengan praktik mengajar reguler dalam hal kurikulum yang dijadikan acuan. Selain itu, ketika mengikuti praktik mengajar dalam kurikulum MBKM, siswa mendapatkan beberapa manfaat dan hambatan selama mengikuti program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dan kendala yang dihadapi siswa dalam mengikuti praktik mengajar dalam kurikulum MBKM. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Swasta Yogyakarta. Terdapat enam mahasiswa angkatan 2019 yang mengikuti penelitian ini sebagai partisipan. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif untuk mempelajari secara tepat manfaat dan hambatan siswa dalam mengikuti praktik mengajar dalam kurikulum MBKM. Peneliti melakukan wawancara semi terstruktur untuk mendapatkan data dari partisipan. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa mendapat manfaat dari mengikuti praktik mengajar dalam kurikulum MBKM. Berdasarkan temuan, ada empat manfaat siswa mengikuti praktik mengajar dalam kurikulum MBKM: Memberikan kesempatan untuk pengembangan diri, menyalurkan eksplorasi diri, meningkatkan kerjasama, dan mempersiapkan karir sebagai guru. Berdasarkan temuan, ada lima kendala dalam mengikuti praktik mengajar dalam kurikulum MBKM: kurangnya lembaga mitra sekolah, kurangnya pemahaman aturan kurikulum MBKM, kurangnya kegiatan selama sekolah, takut nilai buruk selama kurikulum MBKM, dan kesulitan beradaptasi dengan kurikulum.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Independent Learning Independent Campus, teaching practice, benefits, obstacles |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 03:53 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 03:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38793 |