WRITTEN RETELLING TECHNIQUE OF A NARRATIVE TEXT AS EXPERIENCED BY THE 9TH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN SINTANG, WEST KALIMANTAN

SHAQILLA AISHA FEBRIANI (2023) WRITTEN RETELLING TECHNIQUE OF A NARRATIVE TEXT AS EXPERIENCED BY THE 9TH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN SINTANG, WEST KALIMANTAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (892kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Teknik menceritakan kembali teks naratif secara tertulis digunakan untuk memotivasi siswa menulis dalam kelas menulis bahasa Inggris oleh seorang guru bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah pertama di Sintang, Kalimantan Barat. Teknik ini berdampak positif pada peningkatan motivasi siswa dalam menulis seperti yang dikatakan oleh guru Bahasa Inggris. Hal ini terlihat dari semangat mereka yang baik untuk menulis, dan mereka tidak takut untuk mengungkapkan pikiran atau ide mereka dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang bagaimana teknik menceritakan kembali secara tertulis memotivasi mereka untuk menulis dan meningkatkan aspek menulis siswa dari teknik menceritakan kembali secara tertulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan penelitian ini di salah satu sekolah menengah pertama di Sintang, Kalimantan Barat. Ada enam siswa sekolah menengah pertama kelas sembilan yang terlibat dalam penelitian ini. Wawancara digunakan dalam penelitian ini sebagai teknik penelitian. Sebagai hasil, ada dua kategori penelitian ini. Pertama, penelitian ini menunjukkan tiga persepsi siswa tentang bagaimana teknik menceritakan kembali secara tertulis memotivasi mereka untuk menulis. Ditemukan bahwa teknik menceritakan kembali secara tertulis membuat siswa suka dan bersemangat untuk menulis, senang dan mudah untuk menulis, serta tidak takut dan berani untuk menulis. Kedua, penelitian ini menemukan empat peningkatan aspek menulis dari siswa yang sangat penting untuk menulis siswa. Itu adalah aspek organisasi paragraf, aspek isi cerita, aspek mekanika penulisan, dan aspek kosa kata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Written retelling technique, students perceptions, writing
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:23
Last Modified: 01 Sep 2023 06:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38840

Actions (login required)

View Item
View Item