SHAQILLA AISHA FEBRIANI (2023) WRITTEN RETELLING TECHNIQUE OF A NARRATIVE TEXT AS EXPERIENCED BY THE 9TH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN SINTANG, WEST KALIMANTAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (892kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Bab I.pdf
Download (520kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (769kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (759kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (781kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (745kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (704kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (761kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Teknik menceritakan kembali teks naratif secara tertulis digunakan untuk memotivasi siswa menulis dalam kelas menulis bahasa Inggris oleh seorang guru bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah pertama di Sintang, Kalimantan Barat. Teknik ini berdampak positif pada peningkatan motivasi siswa dalam menulis seperti yang dikatakan oleh guru Bahasa Inggris. Hal ini terlihat dari semangat mereka yang baik untuk menulis, dan mereka tidak takut untuk mengungkapkan pikiran atau ide mereka dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang bagaimana teknik menceritakan kembali secara tertulis memotivasi mereka untuk menulis dan meningkatkan aspek menulis siswa dari teknik menceritakan kembali secara tertulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan penelitian ini di salah satu sekolah menengah pertama di Sintang, Kalimantan Barat. Ada enam siswa sekolah menengah pertama kelas sembilan yang terlibat dalam penelitian ini. Wawancara digunakan dalam penelitian ini sebagai teknik penelitian. Sebagai hasil, ada dua kategori penelitian ini. Pertama, penelitian ini menunjukkan tiga persepsi siswa tentang bagaimana teknik menceritakan kembali secara tertulis memotivasi mereka untuk menulis. Ditemukan bahwa teknik menceritakan kembali secara tertulis membuat siswa suka dan bersemangat untuk menulis, senang dan mudah untuk menulis, serta tidak takut dan berani untuk menulis. Kedua, penelitian ini menemukan empat peningkatan aspek menulis dari siswa yang sangat penting untuk menulis siswa. Itu adalah aspek organisasi paragraf, aspek isi cerita, aspek mekanika penulisan, dan aspek kosa kata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Written retelling technique, students perceptions, writing |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 06:23 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 06:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38840 |