ULFIATIEN NAFI'AH (2023) STRATEGI PEMBINAAN SPIRITUAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PENYANDANG DISABILITAS(STUDI KASUS: BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (320kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (55kB)
Bab I.pdf
Download (514kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (637kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (313kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (752kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (790kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pembinaan spiritual sangat penting bagi seorang muslim dalam menciptakan emosi yang positif dan mampu bertanggung jawab dalam menjalankan kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembinaan spiritual untuk meningkatkan kecerdasan emosional penyandang disabilitas di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas. Subyek dalam penelitian ini yaitu 7 pembina dan 4 difabel di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dan pola pembinaan spiritual di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas pertama berupa pendisiplinan ibadah-ibadah secara rutin dan penyampaian materi keagamaan di dalam kelas. Kemudian, dalam pengelolaan emosi dan sosial pembina selalu mengingatkan dan memberi motivasi akan makna penerimaan dan kebersyukuran kepada para difabel. Adapun faktor pendukung yaitu dari segi latar belakang pembina dan sarana prasarana yang menunjang serta faktor kendala yang menghambat yaitu terbatasnya media pembelajaran dan perbedaan tingkat pendidikan difabel yang membuat program pembinaan belum berjalan dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Spiritual Guidance, Emotional Intelligence, People with Disabilities |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 06:23 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 06:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38847 |