KOMUNIKASI ORGANISASI MASJID JOGOKARIYAN TAHUN 2019-2020

Sultan Solahuddin Habibillah (2021) KOMUNIKASI ORGANISASI MASJID JOGOKARIYAN TAHUN 2019-2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

<p>Sebagai pusat peradaban, masjid membentuk masyarakat madani melalui pembinaan dan pemberdayaan. Masjid Jogokariyan menyandang Idarah I Nasional 2017 dengan program pengembangan masjid dan pelayanan masyarakat melalui keorganisasian padat karya. Tujuan penelitian menganalisis peranan komunikasi organisasi internal Masjid Jogokariyan tahun 2019-2020, khususnya penyelenggaraan program kemasyarakatan.</p>

<p>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif serta pengumpulan data melalui wawancara mendalam bersama enam informan dan studi dokumentasi. Analisis data kualitatif dan triangulasi sumber sebagai metode uji validitas data. Penelitian ini meninjau arus informasi internal perihal koordinatif serta penyelenggaraan program kemasyarakatan non-profit hingga penggunaan metode dan saluran komunikasinya.</p>

<p>Temuan hasil penelitian, peran Dewan Kemakmuran Masjid Jogokariyan berdasarkan pada perencanaan berjangka, otonomi biro dan kaderisasi. Komunikasi internal dominan informal dan ikatan sosial daripada hirarkis, tiada metode khusus melainkan prinsip pelayanan DKM Jogokariyan. Prosesnya mencakup koordinasi dan aktualisasi informasi program secara tentatif, informal dan berkelompok. Komunikasi internal DKM Jogokariyan belum ada pengembangan kegiatan komunikasi seperti kompleksitas bahasan dan unsur personalia dalam aliran informasinya. Meninjau komunikasi internal secara nonprofit dalam operasionalnya bersifat informatif guna aktualisasi informasi, program kemasyarakatan DKM Jogokariyan dengan otonomi biro berorientasi pada pelaksanaan dan bersifat insidental terhadap penyesuaian masukan namun kurang disertai tertib administrasi. Pengelolaan sumber daya manusia DKM Jogokariyan cenderung persuasif pada kesadaran dan komunikasi interpersonal pengurus disertai prinsip pengayoman guna membuka ruang keterlibatan secara masif, khususnya pada jaringan internal organisasinya sebagai kelompok dakwah dan sistem kaderisasi. Pada penyelenggaraan program kemasyarakatan cenderung koersif secara dinamis, DKM Jogokariyan memiliki peran fasilitator pemakmuran masjid dan penyejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan fungsi masjid sebagai katalisator. Serangkaian kegiatan komunikasi internal DKM Jogokariyan dominan disalurkan secara verbal dan <em>mobile </em>dilengkapi pelaporan tertulis sebagai pemenuhan administratif. Sumber program kemasyarakatan DKM Jogokariyan yakni aspirasi warga, inisiasi pengurus dan data sensus, menghimpun dan mengaktualisasi kondisi masyarakat Jogokariyan ke perancanaan berjangka dan program biro. Selain pembinaan karakter lingkungan, penyaluran Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) bertujuan meringankan hati masyarakat terhadap masjid. Keluaran sensus, ZIS diwujudkan pembinaan masyarakat, pengadaan kacamata dan sembako gratis, beasiswa, pinjaman modal hingga peringanan biaya medis. Sebagaimana fungsi sentral, ragam program pemberdayaan Masjid Jogokariyan dominan pada aspek sosial keagamaan dengan pengayoman secara kultural dan islami melalui penyejahteraan masyarakat agar terlibat pemakmuran masjid secara sukarela.</p>

<p><strong>Kata Kunci:</strong> Komunikasi Organisasi, Internal, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Masjid Jogokariyan, Program Kemasyarakatan.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:06
Last Modified: 05 Nov 2021 02:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3903

Actions (login required)

View Item
View Item