NASIR ABDULLAH (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKANNILAI-NILAI TASAWUF PADA DIRI SISWADI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (277kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (46kB)
Bab I.pdf
Download (202kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (61kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (304kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran Akidah Akhlak yang ada di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta (2) Untuk mengetahui peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai tasawuf pada diri siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai tasawuf pada diri siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. dengan subjek kepala sekolah, guru Akidah Akhlak dan dua siswa. Menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penafsiran, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran Akidah Akhlak yang dilakukan setiap guru memiliki perbedaan dan juga selalu menuangkan nilai kebaikan di setiap prosesnya. (2) Peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai tasawuf sudah dilaksanakan dengan guru sebagai pembimbing, guru sebagai fasilitator, guru sebagai motivator, guru sebagai innovator, dan guru sebagai evaluator. (3) faktor pendukungnya adalah sekolah yang beridentitas Muhammadiyah, visi misi sekolah, kegiatan yang mendukung, peran dari guru dan orang tua sebagai teladan, lingkungan yang positif, dukungan dari dinas, instansi, dan yayasan. Faktor penghambatnya adalah keadaan siswa yang heterogen, pengawasan guru yang terbatas, komunitas siswa yang jauh dari nilai kebaikan, dan rendahnya tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) dari pendidik dan siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teacher�s Role, Aqidah and Morals, Values, Sufism |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:40 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39191 |