IMPLEMENTASI GERAKAAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTUL

ALMAIDA PUTRI NAHDILA SYARIF (2023) IMPLEMENTASI GERAKAAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi GLS di SMA Negeri 2 Bantul, mendeskripsikan kontribusi GLS dalam menumbuhkan minat belajar PAI kelas XI dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat GLS di SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 2 Bantul sudah tercapai pada tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. 2) GLS sudah berkontribusi baik dalam menumbuhkan minat belajar PAI siswa yang mencakup indikator perasaan senang, ketertarikan untuk belajar, menunjukan perhatian saat belajar, motivasi dan keinginan belajar. 3) Faktor pendukung GLS adalah adanya Buku Pedoman GLS dari Kemendikbud semenjak tahun 2016, partisipasi warga sekolah dalam penerapan GLS, fasilitas sekolah yang memadai, seperti koleksi buku di perpustakaan sekolah yang cukup lengkap, terdapat pojok baca dan taman baca. Adapun faktor penghambat GLS adalah buku kurang berkualitas, tidak seluruh siswa mengikuti GLS dan tidak semua guru pada jam pertama ikut serta menunggu kegiatan literasi berlangsung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: School Literacy Movement (GLS), Interest in Learning
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:16
Last Modified: 05 Sep 2023 07:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39274

Actions (login required)

View Item
View Item