Riska Dwi Agustina (2020) EVALUASI PROGRAM E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI) DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (23kB)
Bab I.pdf
Download (108kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program e-learning dalam pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAI (Pendidikan Agama Islam), dan Peserta didik. Data yang diperoleh melalui pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi program e-learning telah diselenggarakan sejak tahun 2010. SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta menggunakan program e-learning setelah dinyatakan sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dari Kemendiknas. Dana yang dibutuhkan cukup besar dan dikhawatirkan karena tidak ada bantuan dana dari manapun sehingga dapat dilakukannya penambahan biaya dari pemerintah. Dan interaksi yang baik terjadi saat pembelajaran e-learning berlangsung, sehingga keefektifan pada pada pembelajaran dapat terlaksana. Karakter yang di miliki pendidik maupun peserta didik terbilang baik sehingga mendukung terselenggaranya program e-learning dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam). Ketersediaan sarana dan prasarana di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta sangat memadai jadi proses pembelajaran e-learning sangat memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik. Proses pembelajaran e-learning yang dilakukan pendidik maupun peserta didik dalam pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta sudah dilakukan dengan baik. Hasil pembelajaran e-learning si SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta cukup meningkat dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional.
Kata Kunci : Evaluasi Program, E-learning, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:13 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 01:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/393 |