DEWI APRILIA KAPOTA (2023) AN ANALYSIS OF KAMPUS MENGAJAR IMPLEMENTATION BASED ON ELED STUDENTS' PERCEPTIONS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (326kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Bab I.pdf
Download (27kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (666kB)
Abstract
Kampus Mengajar (KM) merupakan salah satu program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengajar di sekolah dan meningkatkan kompetensi mereka. Meskipun program ini mampu meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa, program ini belum mampu menyiapkan mahasiswa calon guru untuk menjadi guru yang professional. Karena itu, penelitian bertujuan untuk meneliti mengenai kompetensi mengajar yang hilang pada pelaksaan KM yang dirasakan mahasiswa dan juga persepsi mereka mengenai pelaksanaan KM yang ideal kedepannya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Ada enam mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Peneliti menggumpulkan data menggunakan interview dan menganalisa data menggunakan coding. Berdasarkan penemuannya, terdapat lima kompetensi mengajar yang hilang yang dirasakan oleh mahasiswa PBI setelah mengikuti KM. Hasil tersebut dikategorikan kedalam tiga kategori yaitu kompetensi pedagogi di antaranya kemampuan mengembangkan RPP, mengimplementasikan teknologi, dan mengembangkan tes; kompetensi sosial yakni kemampuan untuk membangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja; dan kompetensi professional yakni kemampuan untuk menguasai materi yang diampu. Penelitian ini juga menemukan tiga kriteria untuk pelaksanaan KM yang ideal, di antaranya KM seharusnya difokuskan ke jurusukan pendidikan, KM seharusnya meregulasikan penempatan sekolah sesuai dengan program studi, dan KM seharusnya menjamin mahasiswa mendapatkan pengarahan dari pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Kampus Mengajar, teaching competences, missing teaching competences |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 06:53 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 06:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39383 |