AN ANALYSIS OF KAMPUS MENGAJAR IMPLEMENTATION BASED ON ELED STUDENTS' PERCEPTIONS

DEWI APRILIA KAPOTA (2023) AN ANALYSIS OF KAMPUS MENGAJAR IMPLEMENTATION BASED ON ELED STUDENTS' PERCEPTIONS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)

Abstract

Kampus Mengajar (KM) merupakan salah satu program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengajar di sekolah dan meningkatkan kompetensi mereka. Meskipun program ini mampu meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa, program ini belum mampu menyiapkan mahasiswa calon guru untuk menjadi guru yang professional. Karena itu, penelitian bertujuan untuk meneliti mengenai kompetensi mengajar yang hilang pada pelaksaan KM yang dirasakan mahasiswa dan juga persepsi mereka mengenai pelaksanaan KM yang ideal kedepannya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Ada enam mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Peneliti menggumpulkan data menggunakan interview dan menganalisa data menggunakan coding. Berdasarkan penemuannya, terdapat lima kompetensi mengajar yang hilang yang dirasakan oleh mahasiswa PBI setelah mengikuti KM. Hasil tersebut dikategorikan kedalam tiga kategori yaitu kompetensi pedagogi di antaranya kemampuan mengembangkan RPP, mengimplementasikan teknologi, dan mengembangkan tes; kompetensi sosial yakni kemampuan untuk membangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja; dan kompetensi professional yakni kemampuan untuk menguasai materi yang diampu. Penelitian ini juga menemukan tiga kriteria untuk pelaksanaan KM yang ideal, di antaranya KM seharusnya difokuskan ke jurusukan pendidikan, KM seharusnya meregulasikan penempatan sekolah sesuai dengan program studi, dan KM seharusnya menjamin mahasiswa mendapatkan pengarahan dari pihak sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Kampus Mengajar, teaching competences, missing teaching competences
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:53
Last Modified: 05 Sep 2023 06:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39383

Actions (login required)

View Item
View Item