PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK TUNANETRA TINGKAT SMA DI SLB NEGERI 1 BANTUL

UZLIFATUL DINA (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK TUNANETRA TINGKAT SMA DI SLB NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kecerdasan emosional pada anak tunanetra tingkat SMA, serta ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan kecerdasan emosional pada anak tunanetra tingkat SMA. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilaksanakan di SLB Negeri 1 Bantul. Subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah, satu guru Pendidikan Agama Islam, satu guru wali kelas dan dua peserta didik tunanetra. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam di SLB Negeri 1 Bantul sudah cukup baik hal ini ditunjukkan oleh berbagai upaya dan pembiasaan seperti integrasi mata pelajaran PAI dengan kecerdasan emosional, menanamkan aspek nilai-nilai ibadah shalat berjama'ah, membaca iqra', pengajian siswa satu semester sekali, pesantren ramadhan, idul adha dan event lomba keagamaan. Dalam mengatasi masalah yang ada peran guru PAI adalah sebagai pendidik, motivator, pengelola kelas, evaluator dan sharing antar guru mengenai hambatan yang terjadi. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam menanamkan kecerdasan emosional, faktor pendukung dengan pemberian teori disertai praktek dan faktor utama dari lingkungan. Faktor penghambat berasal dari internal dan eksternal. Internal dari kesadaran diri, potensi dan kondisi anak. Eksternal berasal dari motivasi sekitar dan lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: The role of PAI teachers, Emotional Intelligence, Visually impaired students
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:51
Last Modified: 05 Sep 2023 06:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39386

Actions (login required)

View Item
View Item