KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SAKUBUN

ABDULLOH BUSTOMI (2023) KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SAKUBUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keefektifan metode project based learning dalam pembelajaran sakubun. Pada penelitian ini digunakan metode eksperimen dengan pendekatan true eksperimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang untuk kelas eksperimen dan 10 orang untuk kelas kontrol. Dari hasil analisis data uji t hitung dan dan uji kriteria hipotesis, maka diketahui bahwa nilai t hitung = 2.307 > t tabel = 2.306 menurut uji kriteria hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, metode project based learning efektif terhadap meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa pada pembelajaran sakubun. Selain itu, hasil analisis angket menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa berpendapat bahwa metode project based learning mempermudah mahasiswa dalam menulis sakubun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Project Based Learning, Sakubun.
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:51
Last Modified: 05 Sep 2023 06:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39387

Actions (login required)

View Item
View Item