ABDULLOH BUSTOMI (2023) KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SAKUBUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang keefektifan metode project based learning dalam pembelajaran sakubun. Pada penelitian ini digunakan metode eksperimen dengan pendekatan true eksperimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang untuk kelas eksperimen dan 10 orang untuk kelas kontrol. Dari hasil analisis data uji t hitung dan dan uji kriteria hipotesis, maka diketahui bahwa nilai t hitung = 2.307 > t tabel = 2.306 menurut uji kriteria hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, metode project based learning efektif terhadap meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa pada pembelajaran sakubun. Selain itu, hasil analisis angket menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa berpendapat bahwa metode project based learning mempermudah mahasiswa dalam menulis sakubun.
Dosen Pembimbing: | Rosi Rosiah, S.Pd., M.Pd. | NIDN0501018602 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Project Based Learning, Sakubun. |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 06:51 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 06:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |