PEMASARAN SOSIAL GERAKAN SEDEKAH SAMPAH (GSS)BERBASIS ECO MASJID(STUDI KASUS MASJID AL-MUHARRAM TAMANTIRTO DALAMMEMASARKAN GERAKAN SEDEKAH SAMPAH (GSS) PADA 2020-2021)

FAKHRI FIRMANSYAH (2023) PEMASARAN SOSIAL GERAKAN SEDEKAH SAMPAH (GSS)BERBASIS ECO MASJID(STUDI KASUS MASJID AL-MUHARRAM TAMANTIRTO DALAMMEMASARKAN GERAKAN SEDEKAH SAMPAH (GSS) PADA 2020-2021). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Salah satu penyumbang sampah terbesar di dunia adalah Indonesia. Faktor peningkatan volume sampah di Indonesia, adalah peningkatan volume sampah di setiap provinsi di Indonesia, seperti Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu solusinya mendirikan program Gerakan Sedekah Sampah. Penelitain kali ini mengunakan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah Gerakan Sedekah Sampah dalam menerapkan program ini menggunakan strategi pendekan kepada masyarakat di Desa Brajan dengan mendirikan tiga program, yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Program sosial tersebut dapat berhasil dipasarkan di masyarakat Desa Brajan, karena program tersebut dapat sesuai dengan masyarakat. Keberhasilan tersebut diakibatkan karena Gerakan Sedekah Sampah dapat mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dan memberikan solusi terhadap permasalahan sosial, sehingga identifikasi tersebut mampu memberikan program yang berkelanjutan hingga 2020-2021. Keberhasilan dalam pemasaran sosial dari Gerakan Sedekah Sampah dapat dilihat dari perubahan perilaku masyarakat Desa Brajan, yaitu bersedekah tanpa mengeluarkan uang melainkan dapat bersedekah dengan menggunakan sampah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Increasing of waste, Special Ragion of Yogyakarta, Social Marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:50
Last Modified: 05 Sep 2023 06:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39390

Actions (login required)

View Item
View Item