REPRESENTASI IDENTITAS LAKI-LAKI MUSLIM PADA IKLAN KAHF #JALANYANGKUPILIH

SHANIA NUR HADIANI (2023) REPRESENTASI IDENTITAS LAKI-LAKI MUSLIM PADA IKLAN KAHF #JALANYANGKUPILIH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Saat ini iklan tidak hanya menawarkan informasi mengenai produk saja, tetapi menawarkan ideologi, gaya hidup dan imaji melalui tanda dan bahasa. Percepatan perkembangan globalisai saat ini menghadirkan iklan perawatan kulit yang tidak hanya menampilkan ideologi gender saja tetapi dalam perkembangannya ideologi Islam juga turut hadir dalam iklan. Proses pendekatan media dalam menarik minat konsumen Islam juga semakin berkembang pesat. Salah satunya dengan cara menawarkan visualisasi nilai-nilai kesalehan dalam promosinya. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimana iklan Kahf mengkonstruksikan identitas laki-laki muslim. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian analisis semiotika yang dikembangkan oleh John Fiske serta cara pandang yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan paradigma interpretive/konstruktivistik. Objek dalam penelitian ini adalah iklan Kahf yang berjudul �Kahf - Personal Care for Men #JalanYangKupilih� dan �Kahf Face Wash #JalanYangKupilih�. Hasil penelitian menunjukan bahwa identitas laki-laki muslim yang dikonstruksikan oleh iklan Kahf menampilkan sosok laki-laki muslim yang memiliki gaya hidup mewah dan hedonis serta karakter laki-laki muslim yang ditampilkan yaitu karakter laki-laki muslim yang sabar, tenang dan peduli akan kesehatannya. Iklan tersebut juga memperlihatkan bagaimana konsep masklinitas yang terbentuk dari ideologi keagamaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Representation, Muslim male identity, advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:48
Last Modified: 05 Sep 2023 06:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39404

Actions (login required)

View Item
View Item