PESAN DAKWAH MELALUI MEDIA IKLAN PRODUK SAHAJA DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

VIENA TSALITSA AZMIA (2023) PESAN DAKWAH MELALUI MEDIA IKLAN PRODUK SAHAJA DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, dakwah Islam telah berkembang seiring dengan pertumbuhan media yang ada. Dapat kita temui dakwah Islam melalui iklan-iklan dengan berbagai macam produk makanan, pakaian, kosmetik, dan industri kebutuhan masyarakat sehari-hari. Iklan termasuk salah satu bentuk promosi yang paling dikenal oleh banyak orang, karena iklan adalah daya yang paling luas jangkauannya. Dalam iklan produk Sahaja yang diproduksi oleh PT. Unilever memuat representasi pesan-pesan dakwah yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan latar belakang, peneliti ingin mengetahui kategorisasi pesan-pesan dakwah, dan untuk mengetahui makna denotasi dan makna konotasi yang terkandung dalam iklan produk Sahaja. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis teori semiotika Roland Barthes. Subjek dalam penelitian ini menggunakan dua iklan produk Sahaja. Dalam pengumpulan data peneliti melalui tiga tahap yaitu, observasi, dokumentasi dan studi literasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan peneliti mendapatkan 7 (tujuh) point pesan dakwah, berdasarkan kategorinya terdapat dua yaitu: (1) kategori syari�ah memiliki 5 point makna pesan dakwah (2) kategori akhlak memiliki 2 point makna pesan dakwah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Advertisement, Da'wah Messages, Semiotic Analysis
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:33
Last Modified: 04 Sep 2023 07:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39487

Actions (login required)

View Item
View Item