ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH DI KECAMATAN SANDEN, KABUPATEN BANTUL

EMHA ARRUF HIKAR (2023) ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH DI KECAMATAN SANDEN, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (835kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH DI KECAMATAN SANDEN, KABUPATEN BANTUL (Skripsi bimbingan oleh Francy Risvansuna Fivintari, S.P., M.P.). Kecamatan Sanden merupakan daerah penghasil cabai merah yang menerapkan sistem pasar lelang pertama di Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran cabai merah di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, dan mendeskripsikan saluran pemasaran yang terbentuk, lalu menganalisis marjin pemasaran, biaya pemasaran, farmer�s share, dan efisiensi pemasaran pada setiap saluran pemasaran. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel petani menggunakan metode Simple random sampling dengan jumlah sampel yang diambil yakni 50 petani, serta pengambilan sampel pedagang menggunakan metode Snowball sampling. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan saluran pemasaran yang terbentuk. Marjin pemasaran, biaya pemasaran, farmer�s share, dan efisiensi pemasaran dianalisis dengan metode analisis pemasaran. Hasil penelitian ini memiliki 3 saluran pemasaran cabai merah, yakni; Saluran I (Petani � Pengepul � Konsumen), Saluran II (Petani � Pasar Lelang � Pengecer � Konsumen), Saluran III (Petani � Pengepul � Pedagang Besar � Pengecer � Konsumen). Margin pemasaran tertinggi terletak pada saluran pemasaran I, lalu diikuti saluran pemasaran III dan saluran pemasaran II. Sedangkan biaya pemasaran paling tinggi terdapat pada saluran pemasaran III, lalu diikuti dengan saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II. farmer�s share tertinggi ada pada saluran pemasaran II, diikuti saluran pemasaran III dan saluran pemasaran I. Ketiga saluran pemasaran cabai merah di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul sudah efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Red chilli, marketing channel, margin, marketing cost, farmer�s share
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:22
Last Modified: 04 Sep 2023 07:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39517

Actions (login required)

View Item
View Item