EMHA ARRUF HIKAR (2023) ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH DI KECAMATAN SANDEN, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (835kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Bab I.pdf
Download (137kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (391kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (851kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (909kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (318kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH DI KECAMATAN SANDEN, KABUPATEN BANTUL (Skripsi bimbingan oleh Francy Risvansuna Fivintari, S.P., M.P.). Kecamatan Sanden merupakan daerah penghasil cabai merah yang menerapkan sistem pasar lelang pertama di Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran cabai merah di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, dan mendeskripsikan saluran pemasaran yang terbentuk, lalu menganalisis marjin pemasaran, biaya pemasaran, farmer�s share, dan efisiensi pemasaran pada setiap saluran pemasaran. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel petani menggunakan metode Simple random sampling dengan jumlah sampel yang diambil yakni 50 petani, serta pengambilan sampel pedagang menggunakan metode Snowball sampling. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan saluran pemasaran yang terbentuk. Marjin pemasaran, biaya pemasaran, farmer�s share, dan efisiensi pemasaran dianalisis dengan metode analisis pemasaran. Hasil penelitian ini memiliki 3 saluran pemasaran cabai merah, yakni; Saluran I (Petani � Pengepul � Konsumen), Saluran II (Petani � Pasar Lelang � Pengecer � Konsumen), Saluran III (Petani � Pengepul � Pedagang Besar � Pengecer � Konsumen). Margin pemasaran tertinggi terletak pada saluran pemasaran I, lalu diikuti saluran pemasaran III dan saluran pemasaran II. Sedangkan biaya pemasaran paling tinggi terdapat pada saluran pemasaran III, lalu diikuti dengan saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II. farmer�s share tertinggi ada pada saluran pemasaran II, diikuti saluran pemasaran III dan saluran pemasaran I. Ketiga saluran pemasaran cabai merah di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul sudah efisien.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Red chilli, marketing channel, margin, marketing cost, farmer�s share |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:22 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39517 |