SETIAWAN ENGGAR SAPUTRA (2023) ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH DI KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Bab I.pdf
Download (77kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (970kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH DI KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL. 2023. SETIAWAN ENGGAR SAPUTRA (Skripsi dibimbing oleh Francy Risvansuna Fivintari, S.P., M.P). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran cabai merah yang berada di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, Mengetahui besarnya biaya, keuntungan dan margin pemasaran cabai merah yang berada di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul dan Mengetahui efisiensi pemasaran cabai merah di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Lokasi penelitian di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul (Purposive sampling). Penentuan responden dengan cara sensus dan simple random sampling kepada petani dan snowball sampling pada saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pemasaran cabai merah di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul membentuk 3 saluran pemasaran yaitu: saluran I (petani � pedagang pengecer - konsumen), saluran II (petani � pedagang pengepul � pedagang besar � pedagang pasar induk Jakarta), dan saluran III (petani � pedagang besar � pedagang pasar induk Jakarta). (2) Total biaya pemasaran saluran pemasaran I pada pasar imogiri adalah Rp 239/kg, dan pasar Bantul sebesar Rp 219/kg. Keuntungan yang diperoleh di pasar Imogri sebesar Rp 2.667/kg, dan pasar Bantul sebesar Rp 2117/kg. Lalu marjin pemasaran pedagang pengecer yang menjual cabai merah ke pasar imogiri sebesar Rp 2.667/kg dan marjin pemasaran pedagang pengecer yang menjual cabai merah ke pasar Bantul sebesar Rp 2.117/kg. Total biaya pemasaran saluran II adalah Rp 625/kg, keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 3.000/kg. Lalu marjin pemasaran saluran II sebesar Rp 3.000/kg. Total biaya pemasaran saluran III adalah Rp 575/kg, keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 1.735, lalu marjin pemasaran saluran III sebesar Rp 1.735/kg. (3) Saluran pemasaran cabai merah di Kecamatan Kretek sudah efisien secara famer�s share, indeks efisiensi ekonimis, serta indeks efisiensi teknis untuk lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | marketing channel, red chili |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:21 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39558 |