ARIEQ IBNU NUR (2023) DIPLOMASI INDONESIA DALAM PENGUATAN EKSPOR KOPI KE INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (919kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (138kB)
Bab I.pdf
Download (220kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (350kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (313kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (555kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (141kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (701kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang perjalanan ekspor dan impor kopi Indonesia di pasar internasional serta cara untuk memperkuat ekspor sembari mengenalkan kopi Indonesia khususnya ke Amerika Serikat sebagai pangsa pasar ekspor kopi terbesar bagi Indonesia. Negara kita telah mengekspor kopi ke banyak negara � negara lainnya, namun masih banyak negara yang belum mengetahui bahwasannya kopi tersebut berasal dari Indonesia. Ekspor Indonesia di pasar internasional juga pernah mengalami penurunan drastis di tahun 2017 ke tahun 2018. Penurunan ini adalah yang terbesar yang di alami Indonesia karena hampir mencapai angka setengahnya yaitu di penurunan di angka 40%. Dengan menggunakan teori konsep diplomasi budaya dan konsep brand image, pemerintah dapat menyelesaikan masalah di atas dengan cara mengadakan event/trade expo Indonesia berskala Internasional serta meluncurkan logo �Kopi Indonesia� sebagai generic branding untuk menyatukan kopi Indonesia dari berbagai daerah agar lebih mudah di kenali di pangsa pasar internasional. Hasil penelitian ini dapat dilihat dengan dua eksportir kopi arabika gayo yang yang difasilitasi oleh Proyek Dukungan Sektor Bisnis dan Swasta Kanada-Indonesia yang notaben berasal dari Amerika Serikat hadir di trade expo Indonesia 2018. Pada tahun ini, rapper asal Amerika Serikat yang dikenal dengan nama Snoop Dogg meluncurkan bisnis kopi yang dinamakan INDOxyz dengan menggunakan kopi � kopi yang di ambil dari Indonesia, hal ini dapat membantu country branding bagi Indonesia. Dengan ini dimplomasi Indonesia dalam penguatan ekspor kopi di Amerika Serikat dapat di realisasikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cultural Diplomacy, Strengthening Indonesian Coffee Exports, Generic Branding, Trade Expo Indonesia, Canadian-Indonesian Cooperation, INDOxyz Brand. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:16 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39569 |