ELMA (2023) PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR'AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 7 C DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (544kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (388kB)
Bab I.pdf
Download (304kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (751kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana siswa kelas 7 c dalam menghafal Al Quran di SMP Muhammdiyah 1 Minggir, (2)untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas 7 c di SMP Muhammdiyah 1 Minggir, (3)untuk mengetahui pengaruh menghafal Al Qur�an terhadap prestasi belajar siswa kelas 7 c di SMP Muhammdiyah 1 Minggir. Jenis penelitian ini merupakan peneltian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah 10 siswa yang mondok dan menghafal di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Teknik pengambilan data nya berupa angket,wawancara,observasi dan dokumentasi. Setelah memperoleh data di analisis dengan regresi linier. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa (1) hasil dari kategori kualitas menghafal Al-qur�an kelas 7C di SMP Muhammadiyah 1 Minggir berkategori sedang dengan hasil sebesar 56,9. (2) Dari hasil uji menggunakan SPSS 25 for windows, diketahui nilai mean sebesar 79,70, nilai median sebesar 79,50, dan nilai mode sebesar 78. Dengan demikian prestasi belajar siswa kelas 7C di SMP Muhammadiyah 1 Minggir sudah tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan jumlah rata-rata rapot siswa yaitu 79,70. (3) hasil uji Regresi linier terdapat pengaruh yang signifikan antara menghafal Al Quran terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,021 > 0,05 dengan R square sebesar 0,504 atau 50.4 %.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | influence, memorizing Al Qur'an, learning achievement |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 06:19 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 06:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39588 |