DWI FATWA USWATUN HASANAH O (2023) STRATEGI PROMOSI DINAS KEBUDAYAAN KABUPATEN SLEMAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN CANDI DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (251kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Bab I.pdf
Download (515kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (482kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Kabupaten Sleman merupakan daerah yang dijuluki sebagai kawasan seribu candi, dan memiliki banyak destinasi wisata. Juga menjadi kabupaten yang banyak di jadikan tujuan wisata oleh wisatawan lokal maupun manca negara. Melalui Dinas Kebudayaan, Kabupaten Sleman mempromosikan wisata candi agar lebih di kenal oleh masyarakat sehingga banyak wisatawan yang tertarik dan mengunjungi candi yang berada di Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian menggunkan study kasus. Penelitian ini berpusat pada satu objek secara intensif dan mempelajarinya sebagai kasus. Dalam penelitian ini pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Jenis data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah strategi promosi Dinas Kebudayaan dalam bentuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat, meningkatkan ketertarikan melalui bentuk visual yang berbeda pada gambar dan video promosi di media cetak maupun media sosial. Meningkatkan penggunaan media sosial dalam setiap promosi yang dilakukan seperti bekerjasama dengan event organizer dan koalisi seni dan memberikan edukasi dengan mengadakakan kerjasama UMKM. Saluran komunikasi yang dilakukan Dinas Kebudayaan didominasi melalui non-personal dengan bauran promosi periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, word of mouth marketing, event/ sponsorship, dan publisitas. Pada setiap promosinya konten Dinas Kebudayaan menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan informasi. Dengan adanya promosi melalui media sosial dan media cetak wisata candi perlahan mulai dikenal oleh masyarakat luas baik domestik dan mancanegara. Namun, terdapat kelemahan dalam strategi promosi Dinas Kebudayaan yaitu kurangnya monitoring promosi wisata candi hal ini dapat dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan candi yang berada di Kabupaten Sleman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promotion Strategy, Temple Tourism, Social Media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 05:58 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 05:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39714 |