ARISKA NURUL HIDAYAH (2023) PENGARUH PENGUNAAN APLIKASI TIK-TOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SD NEGERI MARGOMULYO 1. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (814kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (69kB)
Bab I.pdf
Download (54kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (579kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan aplikasi Tik-Tok siswa kelas V SDN Margomulyo 1, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar pada studi Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN Margomulyo 1, (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan aplikasi Tik-Tok terhadap prestasi belajar pada studi Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN Margomulyo 1. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan menggabungkan metode kuantitatif dengan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas V SD Negeri Margomulyo 1 yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Setelah data diperoleh maka dilakukan analisis data dengan menggunakan uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan aplikasi Tik-Tok berkategori berkategori sedang sebesar 60,7%. 2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berkategori tinggi sebesar 60,7. 3) Hasil uji regresi linier adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh pengunaan Tik-Tok terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI dengan nilai signifikan 0,049>0,05 dengan R square sebesar 0,141 atau 14,1 %. Maka variabel (X) penggunaan aplikasi Tik-Tok berpengaruh terhadap variabel (Y) prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effect, Tik Tok application usage, learning achievement, Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 03:51 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 03:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39838 |