RAYHAN MUHAMMAD FAJRI (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (485kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Bab I.pdf
Download (123kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Efektivitas merupakan dimana kondisi yang bisa membuat faktor atau yang bisa mempengaruhi suatu proses, dapat menjadikan dan berhasil. Tujuan dari Penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan program BTA. Sejauh mana efektivitas penerapan program BTA, dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari program BTA di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Penelitian yang dipakai yaitu pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi. sebagai alat pengumpul data di lapangan dan analisisnya ditampilkan dalam bentuk narasi atau penjelasan dengan kalimat. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1. Penerapan program BTA sudah baik dengan menggunakan metode Iqra dan buku pedoman 10 jam bisa baca Al- Qur�an, serta ditambah dengan materi hafalan bagi peserta didik yang sudah berada pada tahap Al-Qur�an, 2. Efektivitas penerapan program BTA sudah berjalan dengan baik sesuai dengan target yang akan diraih oleh pendidik dan peserta didik, tentunya dengan beberapa penilaian dalam tes program BTA. 3. Faktor penghambat pada program ini yaitu, motivasi siswa yang tidak stabil, daya pemahaman siswa yang berbeda-beda, kurangnya perhatian dari keluarga, belum adanya jam khusus bagi program BTA. Adapun faktor pendukungnya adalah, semangat belajar yang tinggi, kemahiran atau kompetensi guru pendamping yang selalu di optimalkan serta metode yang sesuai dengan karakter siswa dan guru, sehingga memudahkan program berjalan secara efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, learning program, Al-Qur'an |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 02:39 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 02:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39882 |