DIANA NUR RAHMAN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARIKH SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH PEPE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (753kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Bab I.pdf
Download (84kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (948kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Salah satu ciri berhasilnya suatu pembelajaran adalah adanya motivasi belajar yang timbul pada diri siswa. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi berhasilnya suatu pembelajaran sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, salah satu diantaranya adalah media sehingga pemilihan media menjadi bahan pertimbangan seorang pendidik sebelum melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis tingkat motivasi belajar Tarikh siswa kelas III SD Muhammadiyah Pepe. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap motivasi belajar Tarikh pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Pepe. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain penelitian eksperimen-kuasi (quasi-experiment). Subjek penelitian ini adalah 40 siswa dengan perincian 20 siswa kelas III A dan 20 siswa kelas III B. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi siswa kelas III A dan B SD Muhammadiyah Pepe tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 40 siswa memiliki kategori motivasi sedang/cukup. 2) Hasil analisis data menunjukkan nilai Asymp.Sig(2-tailed) bernilai 0,000. ? 0,05, artinya bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan cerita bergambar terhadap motivasi belajar Tarikh pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Pepe. Temuan lain dari penelitian ini menyatakan bahwa pembawaan atau sikap guru (pedagogik) menjadi faktor dominan yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah Pepe.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tarikh learning motivation, illustrated story media, elementary school students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 07:08 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 07:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39892 |