PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARIKH SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH PEPE

DIANA NUR RAHMAN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARIKH SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH PEPE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu ciri berhasilnya suatu pembelajaran adalah adanya motivasi belajar yang timbul pada diri siswa. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi berhasilnya suatu pembelajaran sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, salah satu diantaranya adalah media sehingga pemilihan media menjadi bahan pertimbangan seorang pendidik sebelum melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis tingkat motivasi belajar Tarikh siswa kelas III SD Muhammadiyah Pepe. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap motivasi belajar Tarikh pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Pepe. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain penelitian eksperimen-kuasi (quasi-experiment). Subjek penelitian ini adalah 40 siswa dengan perincian 20 siswa kelas III A dan 20 siswa kelas III B. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi siswa kelas III A dan B SD Muhammadiyah Pepe tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 40 siswa memiliki kategori motivasi sedang/cukup. 2) Hasil analisis data menunjukkan nilai Asymp.Sig(2-tailed) bernilai 0,000. ? 0,05, artinya bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan cerita bergambar terhadap motivasi belajar Tarikh pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Pepe. Temuan lain dari penelitian ini menyatakan bahwa pembawaan atau sikap guru (pedagogik) menjadi faktor dominan yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah Pepe.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tarikh learning motivation, illustrated story media, elementary school students
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:08
Last Modified: 29 Sep 2023 07:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39892

Actions (login required)

View Item
View Item