RIZKI FEBY WULANDARI (2023) HUBUNGAN INNER-CHILD DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANAK PANTI ASUHAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (541kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (908kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (908kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (689kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Menilik perkembangan abad 21 yang mengharuskan manusia untuk menyesuaikan kecepatan dalam pergerakan, bahkan otomasi beredar di mana-mana. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk mengembangkan keterampilan anak agar bisa bertahan hidup di era yang sangat cepat ini. Salah satu keterampilan yang krusial sehingga wajib dimiliki semua anak ialah keterampilan komunikasi. Menurut Wahyuddin untuk mendapat respon yang baik oleh lawan bicara syaratnya harus memberikan efek yang positif. Efek positif tersebut didapat melalui proses pengaktulisasian diri yang bagus. (Wahyuddin, 2020). Hal yang menjadi kegelisahan peneliti lalu bagaimana dengan seorang anak yang memiliki masa kecil yang serba kekurangan sehingga mengganggu kejiwaannya pada masa dewasa atau biasa disebut dengan inner child. Maka dari itu, peneliti mengangkat penelitian yang berjudul �Hubungan Inner child dan Keterampilan Komunikasi Anak Panti�. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mix method dengan strategi sekuensial eksplanatori. Penelitian dilaksanakan di PAY Putra Muhammadiyah dan PAY Putri �Aisiyah Yogyakarta. Subjek penelitian adalah 46 anak dari berbagai status kepengasuhan. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuisioner dan deep interview. Teknik analisis data menggunakan dengan melalui Uji Rank Sperman.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat inner child anak panti termasuk kategori sedang dengan rata-rata 49 yang ditandai dengan sikap anak merasa selalu disalahkan, belum nyaman dengan diri sendiri, sulit mengendalikan diri, dan memiliki sensitivitas yang tinggi. Sedangkan pada tingkat keterampilan komunikasi termasuk kategori tinggi dengan rata-rata 85 ditandai dengan seorang memiliki tingkat fleksibelitas yang tinggi, keintiman yang erat, dan tingkat percaya diri yang baik. Hubungan kedua variabel diuji dengan menggunakan uji Rank Spearman diperoleh nilai signifikan atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,426, karena nilai Sig. (2-tailed) 0,426 > 0,05, maka artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel inner child dengan keterampilan komunikasi. Tingkat kekuatan hubungan diperoleh angka koefisien korelasi sebesar -0,120, yang berarti sangat tidak berhubungan. Tidak adanya hubungan antar kedua variabel dikarenakan penanganan yang baik dari dalam diri anak panti sendiri dan program-progam yang mengasah keterampilan komunikasi setiap anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inner child, Communication Skills, Orphans |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 07:08 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 07:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39897 |