JAPAN HOUSE SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN CITRA JEPANG DI DUNIA INTERNASIONAL PADA MASA PEMERINTAHAN SHINZO ABE

ORLANDO RIZKY PRABAWA (2023) JAPAN HOUSE SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN CITRA JEPANG DI DUNIA INTERNASIONAL PADA MASA PEMERINTAHAN SHINZO ABE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2015, dibawah pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe, pemerintah Jepang mengeluarkan kebijakan Strenghthening Strategic Communication. Kebijakan ini bertujuan untuk menyebarkan informasi mengenai Jepang secara strategis ke luar negeri untuk menyampaikan pandangan dan keberagaman daya tarik Jepang agar dapat menarik minat publik seluas mungkin terhadap Jepang. Pemerintah Jepang membentuk Japan House sebagai salah satu implementasi pada kebijakannya. Japan House adalah jaringan luar negeri yang didirikan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang (MOFA), untuk mengkomunikasikan dan menumbuhkan pemahaman akan image Jepang pada komunitas internasional. Japan House dibangun di 3 kota manca negara yaitu, Sao Paulo (Brazil), Los Angeles (Amerika Serikat), dan London (Inggris). Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pemerintah Jepang menggunakan Japan House sebagai sarana diplomasi publiknya di luar negeri untuk meningkatkan citra Jepang dengan menggunakan alat analisis konsep tiga dimensi diplomasi publik oleh Mark Leonard. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah Jepang menggunakan Japan House sebagai sarana diplomasi publiknya dengan cara menyalurkan berbagai pesan melalui instrumen seni dan budaya yaitu Exhibition, Food Culture, dan Retail Space serta melibatkan non-state Actor dalam pelaksanannya seperti perusahaan, lembaga, dan instansi lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Japan, Public Diplomacy, Soft Power, Strategic Communication, Japan House
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:55
Last Modified: 29 Sep 2023 03:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39941

Actions (login required)

View Item
View Item