ALFIYAH ASAS (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (702kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab I.pdf
Download (77kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (945kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pembelajaran terstruktur terhadap perkembangan psikologis pada anak usia dini. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Temuan penelitian ini bahwa pendidikan terstruktur menjadi sangat penting bagi pendidikan usia dini. Hal ini karena dapat membantu proses pendidikan yang lebih komprehensif. Namun begitu, perlu perubahan yang masif terhadap beberapa komponen penting dalam pendidikan terstruktur tersebut. Komponen �komponen seperti kognitif, reorganisasi struktural dan kematangan organisasi harus di persiapkan lebih dominan, karena satu dengan yang lain saling keterkaitan dalam rangka penyelenggaraan pendidikan usia dini untuk perkembangan kreativitas anak. Indikator ranah kognitif, kemampuan kognitif anak berada dalam tahapan praoperasional konkrit. Tahapan praoperasional konkrit ini memiliki hubungan dengan kemampuan berpikir atau bernalar yang bisa diidentifikasi. Lebih lanjut, indikator reorganisasi struktural yakni keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh faktor manajemen dan organanisasi serta kemampuan komunikasi interpersonal yang dimiliki oleh masing-masing stake holders dalam mengeban tugasnya. Serta, pengukuran kematangan organisasi pendidikan berhubungan erat dengan proses pengelolaan. Variabel yang diukur dalam pengukuran kematangan organisasi adalah area proses manajemen yang menjadi aktivitas dari organisasi tersebut.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | structured learning, psychological, childhood |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 03:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 03:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39985 |