ANALISIS PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI

ALFIYAH ASAS (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pembelajaran terstruktur terhadap perkembangan psikologis pada anak usia dini. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Temuan penelitian ini bahwa pendidikan terstruktur menjadi sangat penting bagi pendidikan usia dini. Hal ini karena dapat membantu proses pendidikan yang lebih komprehensif. Namun begitu, perlu perubahan yang masif terhadap beberapa komponen penting dalam pendidikan terstruktur tersebut. Komponen �komponen seperti kognitif, reorganisasi struktural dan kematangan organisasi harus di persiapkan lebih dominan, karena satu dengan yang lain saling keterkaitan dalam rangka penyelenggaraan pendidikan usia dini untuk perkembangan kreativitas anak. Indikator ranah kognitif, kemampuan kognitif anak berada dalam tahapan praoperasional konkrit. Tahapan praoperasional konkrit ini memiliki hubungan dengan kemampuan berpikir atau bernalar yang bisa diidentifikasi. Lebih lanjut, indikator reorganisasi struktural yakni keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh faktor manajemen dan organanisasi serta kemampuan komunikasi interpersonal yang dimiliki oleh masing-masing stake holders dalam mengeban tugasnya. Serta, pengukuran kematangan organisasi pendidikan berhubungan erat dengan proses pengelolaan. Variabel yang diukur dalam pengukuran kematangan organisasi adalah area proses manajemen yang menjadi aktivitas dari organisasi tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: structured learning, psychological, childhood
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:16
Last Modified: 27 Sep 2023 03:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39985

Actions (login required)

View Item
View Item